Linux itu apa ?

Linux adalah suatu kesatuan software yang saling terintegrasi membentuk sebuah sistem operasi yang cukup handal dan stabil.Linux adalah sistem operasi multitasking, dan juga multi user.. Kenapa disebut multitasking? Itu karena Linux dapat mengatur sharing CPU dari tugas-tugas yang sedang dieksekusi. Setiap tugas, mendapatkan sumber daya perangkat keras yang sama. Linux harus dapat memproses setiap tugas dalam waktu yang sangat singkat. Beberapa tugas memiliki prioritas tertinggi, sehingga diperlukan juga prioritas pemakaian sumber daya CPU ke tugas tersebut.

Salah satu keunggulan dari sistem operasi multitasking adalah kemampuan dari sistem operasi tersebut untuk dapat menjalankan tugas-tugas yang berbeda secara bersamaan.

Lalu kenapa disebut multiuser? Jawabannya cukup sederhana, itu karena pengguna dapat menggunakan komputer yang sama pada waktu yang bersamaan dan tetap terjadi proses pemisahan informasi antara pengguna yang ada. Sistem operasi multiuser harus mampu mengakomodasikan koneksi lebih dari satu user ke sistem secara bersamaan juga.

Sumber : www.debianindonesia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Follower

free counters

visitor entry