Free Software dan Open Source ?

Mungkin bagi pecinta Linux tidak asing lagi dengan istilah free software dan open source software. Pada bagian ini saya hanya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan antara free software dan open source software.

Pengertian open source adalah sebuah software dimana kode sumbernya terbuka untuk publik sehingga semua orang dapat melihat, memodifikasi ulang. Sedangkan free software tidak dapat diartikan sebagai freeware (gratis dalam penggunaan produk softwarenya). Free software diartikan sebagai sebuah kebebasan dalam menyalin, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber tanpa adanya batasan dari siapa pun juga.

Aspek lain dari sebuah aplikasi open source adalah pengembangan dari perangkat lunak tersebut lebih cepat dan lebih murah dalam segi pendanaannya karena lebih banyak orang yang terlibat. Aplikasi open source memberikan beban kerja yang tidak terlampau berat kepada para programmer disebabkan adanya sharing tugas kepada setiap orang dalam jumlah yang banyak. Aplikasi-aplikasi software yang mereka hasilkan juga tidak dapat dipandang sebelah mata, sebab kebanyakan hasil karya mereka benar-benar berkualitas tinggi akibat dukungan orang-orang dengan level kemampuan yang berbeda-beda yang bersatu dalam satu tim pengembang.

Sumber : www.debianindonesia.org

1 komentar:

kadalavalla mengatakan...

Slot machine games - JT Hub
All 양산 출장안마 video 문경 출장샵 slots by 청주 출장샵 Playtech have 속초 출장안마 the features of their own unique slot machines. 군산 출장마사지 We are dedicated to the most amazing slot machine games in the world.

Posting Komentar

Follower

free counters

visitor entry