Konfigurasi Web Server Part I


apache Sekarang saya akan menjelaskan cara konfigurasi Web Server pada OS Linux. Untuk kali ini saya menggunakan Linux Debian sebagai contohnya. Untuk Linux lainnya mungkin hanya beda sedikit. Langsung saja kita masuk pada langkah-langkah konfigurasinya.

1. Instalasi
Langkah yang pertama yaitu instal terlebih dahulu paket software yang akan digunakan untuk Web Server. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan paket software yang sangat populer, yaitu Apache. untuk Linux Debian versi 5 ke atas menggunakan apache versi 2. Untuk menginstalnya, masukkan command di bawah ini :
#apt-get install apache2 php5
Pada command di atas, “apt-get install” berfungsi untuk memerintah OS kita agar menginstal paket yang telah disebutkan. Sedangkan “apache2” dan “php5” adalah paket software yang di butuhkan untuk membangun Web Server.

2. Konfigurasi
Saat proses instalasi sudah selesai, sebenarnya Web Server kita sudah bekerja dan kita tinggal mengubah isi Web kita. Namun jika Anda ingin membuat Web server Anda menjadi lebih optimal, Anda bisa mengubah konfigurasinya. File konfigurasi yang sering diubah yaitu :
  • /etc/apache2/apache2.conf (Untuk konfigurasi sistem dasar apache)
  • /etc/apache2/port.conf (Untuk konfigurasi port yang digunakan)
  • /etc/apache2/http.conf (Untuk konfigurasi http)
  • /etc/apache2/site-available/default (Untuk konfigurasi virtual host dan lainnya)
Nah untuk tutorial konfigurasi di atas, akan saya jelaskan pada posting yang selanjutnya. Di sini saya hanya menunjukkan cara dasarnya saja.
Buat Anda yang masih bingung cara mengubah isi Web server, atau yang sedang belajar untuk UKK(khusus buat siswa SMK), edit saja file "index.html". Caranya masukkan command :
#nano /var/www/index.html
Pada bagian ini Anda harus memahami script html terlebih dahulu.

3. Finishing
Jika semua konfigurasi di rasa sudah cukup, maka jangan lupa restart paket software apachenya. masukkan command :
#/etc/init.d/apache2 restart
Untuk melihat hasilnya, Anda buka web browser lalu pada pengisian alamat web, masukkan “localhost” atau IP Address Anda. Kenapa begitu? Itu karena Kita belum mempunyai DNS untuk memanggil Web Server kita.
Untuk Hasil default (tanpa konfigurasi) akan sama seperti gambar di bawah ini :
apache

Untuk Web Server saya rasa cukup sekian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Follower

free counters

visitor entry